Rabu, 13 Juni 2012

Kabut asap selimuti Bagansiapiapi dan sekitarnya, Kubu titik hot spot tertinggi


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Sejumlah daerah di wilayah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) termasuk di ibukotanya Bagansiapiapi dan sekitarnya diselimuti kabut asap yang cukup tebal. Kabut asap ini timbul sejak sore hingga malam hari bahkan  hingga pagi hari. Namun setakat ini kabut asap tersebut belum mengganggu aktifitas warga.

“Semakin malam semakin tebal kabut asap menyelimuti Bagansiapiapi. Kondisi mata terasa perih bila terlalu lama berkenderaan bermotor,”tutur Yanto kepada KABARROHIL, Selasa malam (12/6).

Lebih lanjut dikatakan Yanto, bahwa kabut asap ini juga menimbulkan batuk-batuk. Dirinya khawatir jika lebih lama maka berdampak terhadap kesehatan.

Kepala badan Pengendalian Dampak Lingkungan daerah (Bapedalda) Rokan Hilir (Rohil) Murniaty melalui sekretaris Bapedalda Rohil Firdaus.SE tidak menafikan keadaan dan kondisi saat ini. Kepada KABARROHIL ketika ditemui Selasa malam (12/6) Dia menjelaskan menurut hasil pantauan satelit  National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 per 11 Juni 2012 terdapat 13 titik api hot spot. Disebutnya paling banyak titik api tersebut di wilayah kecamatan Kubu. Titik hot spot tersebut  di antaranya   delapan titik di kecamatan Kubu, satu titik di kecamatan Pasir limau kapas, satu titik di kecamatan bagan sinembah dan tiga titik di kecamatan Pujud.

“Kebakaran hutan hampir setiap tahun rutin berlangsung. Apalagi disaat musim kemarau. Sudah jauh hari kita berupaya  mencegahnya dengan memberikan edaran ke kecamatan hingga kelurahan karena mencegah lebih baik daripada mengatasinya. Kita menghimbau kepada masyarakat agar jangan membakar hutan. Diharapkan pihak kecamatan segera melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian secara tepat,”pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar