Selasa, 04 September 2012

Bupati anjurkan masyarakat menggalakkan Tanaman hidup, kolam ikan air tawar untuk penghidupan keluarga


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Bupati Rokan Hilir (Rohil) mengharapkan kepada masyarakat melalui Tim Penggerak PKK dapat menggajak warga untuk menggalakkan menanam tanaman hidup di perkarangan rumah. Hal ini ditegaskannya ketika menyampaikan sambutam di acara pelantikan camat beberapa waktu lalu.

"Melalui ibu PKK dalam mengajak masyarakat agar memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam tanaman hidup seperti tanaman buah buahan, tanaman obat-obatan dan tanaman yang hasilnya sangat bermanfaat bagi keluarga,"ujar H.Annas Maamun.

Dia mengatakan jika perkarangan rumah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka dapat menghidupi keluarga masing masing. Orang nomor satu di Rohil ini mengajak para keluarga melalui program PKK agar dapat mengajak warga masyarakat bertanam dan berkolam ikan dengan memanfaatkan perkarangan atau halaman rumah. Jika digalakkan dengan baik maka pemanfaatan perkarangan rumah dapat menambah penghasilan, sebutnya.

Dia mencontohkan jika halaman rumah yang luas tersebut di manfaatkan untuk kolam ikan air tawar, menanam pohon jeruk, menanam pohon mangga dan menanam pohon obat dan jamu maka secara tidak langsung untuk pencegahan pertama dalam kesehatan sekaligus diiringi pendapatan yang dapat  bermanfaat.

Dalam pelaksanaan ini tentunya melalui program PKK hingga ketingkat desa. Oleh sebab itu, disebutnya pemerintah akan memberikan bibit tanaman maupun bibit ikan tersebut kepada warga masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumahnya.

"Para camat, ibu-ibu Tim penggerak PKK diharapkan dapat mensosialisasikannya ke warga masyarakat didalam pemanfaatan halaman rumah dengan memelihara ikan air tawar, menanam pohon buah dan pohon obat,"tandasnya. (andi krc)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar