Selasa, 02 Oktober 2012

Akademi Komunitas keunggulan lokal bakal hadir di Rokan Hilir



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Akademi komunitas keunggulan lokal bakal hadir di kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Surat resmi melalui bupati Rokan Hilir sudah dikirim ke Dirjendikti kemendikbud dilengkapi dengan data pendukung seperti lahan dan gedung kampus yang sudah siap ditempati. Demikian ditegaskan oleh kadisdik Rokan Hilir Drs Surya Arfan,MSi ketika dihubungi KABARROHIL , Selasa (2/10).

"Kampus sudah siap ditempati, tinggal menunggu proses berikutnya. Jurusan yang kita tawarkan agroteknologi, perikanan darat / laut dan kewirausahaan,"ujarnya.

Kadisdik Rokan Hilir Drs Surya Arfan,MSi merasa optimis usaha ini akan berhasil. karena disebutnya bupati yang menfasilitasi ke kemendikbud.

Informasi yang dihimpun, Akademi Komunitas (AK) merupakan salah satu memajukan dunia pendidikan di indonesia dimana kampus tersebut hanya satu akademi disetiap  provinsi. Akademi komunitas adalah realisasi pelaksanaan UU nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. Dalam pasal 59 ayat 7, Akademi Komunitas didefinisikan sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan dan atau teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau memenuhi kebutuhan khusus.

Kehadiran AK adalah salah satu semangat yang menjiwai UU pendidikan tinggi berkait dengan kesetaraan, penguatan pendidikan vokasi, dan keutuhan jenjang pendidikan serta keterjangkauan. Itu sebabnya untuk lokasi pendirian AK dipilih beberapa daerah dengan kriteria antara lain, daerah yang selama ini menjadi pemasok TKI, dan daerah dengan sumber daya alam melimpah dan belum termanfaatkan dengan baik. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar