Selasa, 02 Oktober 2012

Sempena HUT Rohil ke-13, Ratusan pohon mahoni ditanam di sepanjang 35 km jalan Bagansiapiapi ke Sinaboi



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Penanaman pohon sempena hari jadi kabupaten Rokan Hilir ke-13 dengan tema mari kita tingkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup yang bersih, hijau dan indah di pusatkan di desa Sungai Nyamuk. Acara seremonial digelar di halaman SMA negeri 1 kecmatan Sinaboi jalan lintas Bagansiapiapi ke Sinaboi, Selasa (2/10). Hadir dalam acara tersebut bupati Rokan Hilir H.Annas Maamun, sekretaris daerah Rokan Hilir Drs H.Wan Amir Firdaus,MSi, para Asisten, sejumlah kepala dinas, badan dan kantor dilingkungan pemdakab Rokan Hilir. Tampak juga kabag humas setdakab Rokan Hilir Jasmudin.S.Sos dan tokoh masyarakat, para siswa SMA serta guru dan Camat serta upika kecamatan Sinaboi. Sekira 500 pohon mahoni ditanam di kecamatan sinaboi dimana secara simbolis bupati H.Annas Maamun, setdakab Rohil  dan jajaran kepala dinas, badan dan kantor dilingkungan pemdakab Rohil.

Sekretaris Dinas Kehutanan Ali Asfar dalam laporannya mengatakan kegiatan ini dipusatkan di kepenghuluan sungai nyamuk tepatnya di halaman sman 1 dimana penanaman pohon beserta pagar pohon sebanyak 100 batang, kemudian di kepenghuluan Sungai Bakau, di kepenghuluan Sinaboi dan di kepenghuluan Raja Bejamu. Disebutnya kegiatan ini terselenggara atas bantuan pemdakab Rokan Hilir, camat dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam arahannya bupati H. Annas Maamun mengatakan penanaman pohon untuk penghijauan dan menahan abrasi dianjurkan dilaksanakan di sepanjang jalan lintas Bagansiapiapi hingga ke Darusalam kecamatan Sinaboi. Diharapkan oleh orang nomor satu di Rokan Hilir ini berjarak tujuh meter atau lima meter. Dia juga menegaskan penanaman pohon tersebut agar berjarak lebar jalan selebar 10 meter atau dua belas meter. Hal ini disebut Annas Maamun untuk mempermudahkan pelebaran jalan Bagansiapiapi ke Sinaboi apabila di bangun jalan dua jalur.

Selanjutnya kepada dinas kehutanan penanaman pohon ini, disebut H.Annas Maamun jangan hanya sekedar seremonial belaka tetapi diharapkan kepada warga masyarakat bersama dinas kehutanan dan aparatur setempat dapat menjaga pohon yang ditanam sepanjang jalan Bagansiapiapi ke Sinaboi tersebut. Karena jikalau pohon itu sudah besar tentunya tanpak asri hijau dan dapat melindungi dari abrasi.

Lebih jauh dikatakannya kekompakan masyarakat di Sinaboi harus selalu dijaga. Untuk itu diharapkan menjaga kesatuan, persatuan dan kebersamaan masyarakat sehingga perkembangan dan kemajuan daerah semakin lebih bagus.

"Kita jangan mau dibodoh-bodohi oleh orang. Kita harus membangun daerah kita sendiri. Mari kita tanamkan “pancang pertama” di daerah ini agar mulai saat ini kita sama-sama mulai berubah demi pembangunan daerah,"pungkasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar