Minggu, 11 November 2012

Kerap tergenang, Perlu alat berat untuk normalisasi agar mengatasi banjir.



BATU HAMPAR,KABARROHIL-Buruknya drainase dan adanya penyumbatan pada aliran sungai dan parit sehingga air tidak mengalir dan akhirnya mengenangi kawasan pemukiman warga. Air tergenang bahkan hingga ke badan jalan. Demikian diungkap Plt Camat Batu Hampar Muzakkar,SPd, Minggu (11/11).

Diharapkan drainase tersebut dapat di normalkan dengan menggunakan alat berat sehingga air mengalir dan diperkirakan banjir dapat diatasi. Oleh sebab itu, dikatakannya agar pihak terkait seperti Dinas Bina Marga dan Pengairan (Disbimair,red) Rokan Hilir dapat segera memberikan bantuan alat berat.

“Pengerahan tenaga warga dengan melakukan gotong royong sudah dilakukan. Namun hal ini tidak dapat melancarkan aliran air sungai dan parit yang sangat lebar. Oleh sebab itu diperlukan alat berat untuk mengatasinya,”ujar Muzakkar.


Dikatakannya sebagian masyarakat resah karena ada perusahaan yang saat ini membuka tali air dari wilayahnya sementara itu aliran sungai yang ke sungai Rokan tumpet sehingga akibatnya genangan terjadi. 

“Karena air tergenang maka warga tidak bias menanam jagung. Bahkan ternak warga  sudah ada yang mati akibat banjir ini,”tuturnya.

Disebutnya genangan air di kepenghuluan bantayan Baru sudah berlangsung sebulan terakhir. Air menggenangi pemukiman warga mencapai 50 cm bahkan 60 cm.

“Kalau di kebun lebih dalam lagi. Saat ini orang berenang untuk mengeluarkan hasil kebun sawit. Sebahagian warga bermalasan untuk mendodos karena ongkos lebih besar daripada hasil penjualan,”tandasnya. (krc 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar