Kamis, 13 Desember 2012

Sejumlah produksi home industri dan hasil Rohil dipamerkan di stand



BENGKALIS,KABARROHIL-Sejumlah produksi hme industri dan sejumlah hasil kerajinan tangan, hasil bumi dan pertanian serta kuliner daerah ditampilkan di stand bazar Rokan Hilir. Demikian ditegaskan oleh koordinator pameran dan bazar Rohil, Murniwaty kepada KABARROHIL ketika ditemui di stand bazar Rohil,Rabu (12/12/2012).

"Pelbagai produksi dan hasil dari kabupaten Rohil serta fhoto pembangunan daerah Rohil ditampilkan di stand Rohil yang dipoles berbentuk miniatur IPDN Riau kampus Rohil,"kata Murniwaty yang juga Kadisperindag Rohil ini.

Dijelaskannya, produksi dan hasil daerah Rokan Hilir tersebut diantaranya seperti produk home industri Tepak sirih, Kacang pukul, ikan salai selais pujud, mie kering, mie sua, gula enau, kerupuk udang, bon bon kelapa, arwana pujud, parcel, tikar pandan, kecap, taucho, telor asin, telor puyuh dan kerajinan tangan serta fhoto fhoto pembangunan daerah ROHIL.


"Dipamerkan sedikitnya ada  50 item makanan dan minuman," disebut murniwaty koor dinator pameran dan bazar.

Makanan dan minuman kuliner daerah ROHIL diantaranya  kue kepang, asam klubi, beras prodak rohil yakni beras sigudang dan beras sikuning. Telor Angsa asin, tas dari home industri ibu pkk Rohil, eby, ikan asin, terasi dan lain lainnya.

"Kita tampilkan adalah produk handal dari daerah Rohil dan banyak peminat seperti kacang pukul,"katanya.

Selanjutnya dia mengatakan dalam pameran stan bazar ini juga ditampilkan kuliner seperti minuman laksamana mengamuk yang tempo dulu memiliki cerita tersendiri sehingga dinamakan minuman  laksamana mengamuk. Kemudian makanan Tunjang bombang (pulut ada inti), anyang kerang, anyang ayam.

"Anyang dari daerah Rokan Hilir memiliki khas sendiri karena khasnya dicampur dengan daun pucuk bebueh yang tidak ada di daerah lain,"katanya.


Pameran ditampilkan di stand bazar ini tentunya  lebih lengkap lagi karena merupakan hasil pilihan dari setiap kecamatan untuk ditampilkan stand bazar di MTQ ke XXXI di Bengkalis.

"Sulaman tekad kerajinan dari baldu dan tenun untuk industri. bahkan bentuk pelaminan juga ditampilkan. pelaminan ini dari dekranasda,"tandasnya. (krc 01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar