Minggu, 28 November 2010

Jiwa dan semangat persatuan ditunjukkan warga Balam Sempurna dan Balai Jaya.

BALAM SEMPURNA,KABARROHIL-Selama 10 (sepuluh) tahun usia Kabupaten Rokan Hilir sejak menjabat ketua DPRD hingga menjabat Bupati baru kali ini datang di Balam Sempurna ini. Itupun karena diundang masyarakat Balam Sempurna ini. Demikian dikatakan H.Annas Maamun pada sambutannya dalam acara temu ramah dengan masyarakat Balam Sempurna dan Balai Jaya di lapangan SDN 024 jalan lintas sumatera timur Km 32 Balam Sempurna, Sabtu (27/11).

"Mohon maaf saya tidak pernah datang kedaerah sini dan saya juga maafkan masyarakat daerah sini karena tidak pernah mengundang saya kesini,"tutur orang nomor satu di Rohil tersebut.

Dijelaskannya semua rumah ibadah dibantu oleh pemdakab Rohil karena pemerintah daerah tidak membeda-bedakannya termasuk bantuan gereja-gereja di Kabupaten Rokan Hilir.

"Pembangunan untuk rumah ibadah pada tahun depan akan kita tenderkan,"katanya.

Bupati Annas Maamun merasa bangga karena jalan lintas sumatera timur yang dilewatinya dari ujung tanjung ke baganbatu merupakan jalan yang paling bagus dari daerah lain. Ia mengatakan hal ini berkat diperjuangkan di pusat hingga mencapai dana anggaran sebesar 3 ratus milyar lebih.

"Tahun depan akan kita usahakan lagi untuk jalan lintas pesisir,"tuturnya.

Kemudian itu Ia mengatakan bahwa lapangan terbang akan dibangun di Kabupaten Rohil sehingga pelayanan transportasi udara kepada masyarakat akan mencapai maksimal. Untuk itu diharapkan masyarakat dapat menjaga kesatuan dan persatuan serta kekompakan dalam perkembangan pembangunan daerah sendiri.

"Mari kita bersatu untuk membangun daerah Rohil ini. Sehingga jati diri kita sebagai orang daerah Rohil dapat ditunjukkan dengan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta kekompakan. Kita harus mengingat kata pepatah yang mengatakan Dimana bumi dipijak disana langit dijunjung,"katanya.

Orang nomor satu di Rohil menambahkan dengan adanya keluhan masyarakat Balam Sempurna dan Balai Jaya terhadap pelayanan pembuatan surat catatan sipil dan KTP maka dikatakannya tahun depan akan direncanakan pengurusan KTP mobile.

"Tahun depan kita akan anggarkan mobil keliling sehingga pengurusan KTP dan surat catatan sipil tidak perlu lagi ke Bagansiapiapi,"tuturnya.

Dikatakannya dalam perkembangan pembangunan daerah pemerintah tidak melihat suku manapun jua. Karena daerah Rokan Hilir yang penduduknya heterogen ini menandakan semangat kebangsaan karena kekompakan persatuan dan kesatuannya menciptakan keamanan.

"Kita tidak mementingkan suku mana yang penting kita kompak untuk membangun Rohil,"katanya.

Dikatakannya juga karena jarak desa yang luas dan jauh bagi masyarakat untuk mengurus administrasi surat kepenghuluan maka untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat akan kita pikirkan pemekaran wilayah desa ini karena hal ini juga untuk kepentingan masyarakat sendiri.

Kemudian itu diharapkannya agar masyarakat pedagang kaki lima baganbatu dapat mengikuti petunjuk pemerintah daerah dengan pindah ke pasar yang telah disediakan oleh pemdakab Rohil.

"Harapan saya mari kita beri bimbingan dengan pengertian dan penjelasan agar selalu kompak membangun daerah,"katanya.

Dijelaskannya bahwa masyarakat Balam sempurna dan masyarakat Balai Jaya telah menunjukkan jiwa persatuan tersebut dengan menari dan menendangkan lagu persembahan oleh anak tapanuli. Ditambahkannya juga dengan menyanyikan lagu yang dipersembahkan oleh anak tapanuli dengan syair empat bahasa. (andi wrc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar