Kamis, 21 Juni 2012

Pendidikan dan latihan Dalmas Satpol PP di buka Aisten II Rohil


BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Pembukaan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Rokan Hilir (Satpol PP Rohik) tahun anggaran 2012 berlangsung hikmat di gelar di lapangan bakar tongkang jalan Perniagaan Bagansiapiapi,Kamis(21/6). Acara tersebut dibuka oleh Asisten II pemdakab Rohil Azhar,SH. upacara tersebut diikuti oleh Peserta Satpol PP Rohil. tampak juga kasatpol PP Suryadi.

Dalam sambutan bupati yang dibacakan Asisten II pemkab Rohil, Azhar,SH mengatakan tupoksi satpol pp sebagai penegak perda dan melaksanakan kebijakan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di daerah. Satpol pp juga melaksanakan kebijakan perlindungan masyarakat dan melaksanakan tugas lainnya seperti mengikuti proses penyusunan peraturan perundang undangan serta kegiatan pembinaan dan penyebar luasan produk hukum daerah.

"Dalam pasal 148 undang undang nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah dinyatakan untuk membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan ketenteraman dan ketertiban umum, penegakan peraturan daerah maka dibentuk satuan polisi pamong praja sebagai perangkat pemerintah daerah,"ujarnya.

Oleh sebab itu satpol pp harus mampu tampil kedepan sebagai ujung tombak pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berdasarkan ketentuan dan pedoman yang berlaku. Disebutnya, dalam melaksanakan tugasnya maka satpol pp harus kerjasama dengan instansi dan khususnya kepolisian negara agar terkoordinasi dan sinergis. Tugas ketertiban, ketenteraman dan keamananan bukan semata merupakan tugas dan tanggung jawab kepala daerah dan kepolisian semata. Namun sangat diperlukan juga peran serta masyarakat ikut dalam memelihara keamanan dan ketertiban dan ketenteraman masyarakat itu sendiri.

"tantangan tugas yang semakin komplek diperlukan upaya meningkatkan profesionalisme satpol pp. Oleh sebab itu pendidikan dan pelatihan ini sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan latihan. Selama tiga hari saudara anggota satpol pp rohil mengikuti pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan. Setelah mengikuti latihan ini diharapkan mampu melakukan tindakan pengamanan, ketertiban dan ketenteraman wilayah rohil sesuai dengan kewenangan dan peraturan yang berlaku dengan tetap berpedoman kepada falsafah polisi pamong praja,"ujarnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan juga kepada peserta dapat meningkatkan sikap mental dan disiplin serta kesamaptaan fisik dalam melaksanakan latihan maupun tugas dilapangan. Kemudian kendalikan diri dan hindari tindakan yang dapat mengakibatkan tercelanya organisasi dan korp polisi pamong praja dan diharapkan menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti arahan dan petunjuk dari instruktur dan pelatih.

"terima kasih kepada polres rohil, danramil bangko dan instansi terkait atas kerjasamanya dalam mewujudkan terselenggaranya pendidikan dan pelatihan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan. Semoga kerjasama yang baik dapat dibina dan ditingkatkan secara berlanjut untuk masa-masa mendatang,"pungkasnya.

Kepala Satpol PP Suryadi.SH ketika ditemui KABARROHIL mengatakan bahwa kegiatan Dalmas ini dalam dua gelombang yakni gelombang I tanggal 21 juni hingga tanggal 23 Juni dan gelombang II dilaksanakan dari tanggal 25 Juni hingga tanggal 27 Juni. Dikatakannya dalam setiap gelombang diikuti 50 peser
a satpol PP.

Diharapkan Kakansatpol PP ini agar alat yang ada dapat dipergunakan sesuai fungsinya dan diterapkan dalam kegiatan simulasi. Sehingga selama ini Petugas Satpol PP hanya diidentikkan sebagai penjaga rumah Dinas Bupati, wabup dan Setda harus ditunjukkan sebagai penegak perda dengan personil 148 orang, dan tentu pasti bisa. Kemudian kedepan disebut kakansatpol PP Rohil ini akan direngrut lagi dua peleton petugas Satpol PP yakni sebanyak 65 orang. Disebutnya saat ini fasilitas  Satpol PP Rohil sudah mendapatkan dua kenderaan operasional dan dua mobil Satpol.


"Kegiatan ini dilakukan agar ada kecintaan terhadap corp dengan pembinaan dan pelatihan dasar. Kegiatan kedua juga akan dilaksanakan selama dua minggu. Kegiatan kedua sebagai penyegaran anggota di batu enam. Kegiatan kedua ini dilakukan pembekalan pbb masalah hukum, perda, lantas, lantikum yang didatangkan dari polres. Kami minta ketua DPRD Rohil sebagai nara sumber. Peserta  di inapkan di kampus unri,"tandasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar