Senin, 24 September 2012

167 unit koperasi yang aktif dari 476 unit koperasi di Rokan Hilir



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL- Pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar upacara Hari Ulang tahun Koperasi yang ke-65. Acara tersebut di laksanakan di halaman kantor bupati Rokan Hilir jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (24/9). Wabup H.Suyatno selaku inspektur upacara (Irup) pada HUT Koperasi tersebut dengan mengambil tema koperasi kuat rakyat sejahtera. Dalam hal ini wabup H.Suyatno membacakan sambutan menteri koperasi dan UKM. Hadir dalm upacara ini ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, para Asisten, Setdakab Rohil Drs H Wan Amir Firdaus,MSi, kadis,kabad, kakant dan PNS dilingkungan pemdakab Rokan Hilir. Dalam kesempatan ini wabup H.Suyatno, ketua DPRD Rohil dan setdakab Rohil menyerahkan piagam penghargaan  kepada Pembina koperasi dan koperasi berprestasi.

Pada kesempatan ini wabup sangat menyambut apresiasi terhadap Dinas kesehatan Rokan Hilir. Dimana koperasi pada dinas tersebut hingga saat ini masih aktif. Oleh sebab itu, diharapkan oleh orang nomor dua di Rokan Hilir ini agar disetiap dinas dapat menggerakkan koperasi sebagai penunjang dan meningkatkan kehidupan para anggotanya dengan membentuk koperasi. Dia juga mengharapkan kepada KORPRI agar dapat menggerakkan koperasi sehingga para anggotanya tidak lagi meminjam kepada rentenir dengan bunga lebih besar.

Disebut wabup H.Suyatno, dengan tema koperasi kuat rakyat sejahtera maka diharapkan dengan tumbuh kembang koperasi dapat membantu program pemerintah. Wabup H.Suyatno mengharapkan kepada Dinas koperasi dan UKM Rokan Hilir terus senantiasa melakukan evaluasi dan pembinaan kepada koperasi yang berada di Rokan Hilir sehingga Koperasi tersebut diakhir tahun segera mungkin melakukan RAT. Bagi koperasi yang tidak aktif dan tidak ada tanggungan kepada pemerintah diharap dibekukan saja.

“Koperasi yang aktif didorong dan dilakukan pembinaan. Mudah-mudahan koperasi di Rokan Hilir tetap jaya selalu sehingga dapat meningkatkan ekonomi karakyatan yang merupakan juga program pemerintah,"kata wabup.

Sedangkan Plt Kadis Koperasi dan UKM Rokan HIlir, Abdul Manan kepada KABARROHIL ketika ditemui seusai upacara mengatakan bahwa Pemerintah kabupaten Rokan Hilir dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM telah mendata koperasi yang berada di kabupaten Rokan Hilir. Dijelaskannya bahwa koperasi di kabupaten Rokan HIlir berdasarkan data yang diperoleh berjumlah sebanyak 476 unit koperasi. Dimana koperasi tidak aktif sebanyak 309 unit koperasi dan sebanyak 167 unit koperasi yang aktif. Dari 167 koperasi yang aktif tersebut 80 unit koperasi diantaranya yang benar-benar melaksanakan ketentuan koperasi dan 30 unit koperasi yang melaksanakan RAT thn 2011.

Abdul Manan menjelaskan bahwa pada hari ini (Senin 24/9,red) menyelenggarakan HUT koperasi ke-65 dengan apel bersama sekaligus memberikan penghargaan kepada koperasi dan Pembina yang berprestasi. Disebutnya pembekuan koperasi harus sesuai dengan UU karena ada tahapannya. Karena koperasi yang masih memiliki tangguhan kepada pemerintah diharapkan segera di talangi. Oleh sebab itu, dikatakan Plt Kadis Koperasi dan UKM ini saat ini dinas koperasi dan UKM Rokan Hilir selalu selektif dalam memberikan bantuan dan pinjaman modal awal koperasi.

“Hal ini agar koperasi tersebut tetap berjalan sesuai dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,”tandasnya.

Sedangkan koperasi yang mendapatkan penghargaan diantaranya Koperasi simpan pinjam Sinar Harapan kepenghuluan Serusa, Parit Aman kecamatan bangko dengan anggota sebanyak 114 orang diperkirakan asset sebesar 2 ratus juta rupiah lebih. Koperasi simpan pinjam Forsoma jalan Pusara Hilir kepenghuluan Bagan Jawa kecamatan Bangko dengan anggota sebanyak 87 orang dengan asset sebesar 6 ratus juta lebih. Koperasi simpan pinjam, penyaluran pupuk,dan  tbs Himpunan Keluarga Besar Melayu di desa Bahtera Makmur Bagan Batu  beranggota sebanyak 101 orang dengan asset sebesar  49 juta rupiah lebih. Koperasi simpan pinjam Pujud Perkasa  jl KH Manan kepenghuluan Pujud kecamatan Pujud  beranggota sebanyak 35 orang dengan asset sebesar 175 juta rupiah lebih. Koperasi simpan pinjam Usaha Mandiri Sejahtera jl Perwira Bagan Kota kecamatan Bangko beranggota sebanyak 30 orang dengan asset sebesar  11 juta rupiah. Koperasi simpan pinjam, penyuran pupuk, dan TBSs KUD Marga Bhakti di desa Bagan Bakti Bagan Batu kecamatan Bagan Sinembah beranggota sebanyak 300 orang dengan asset sebesar Rp 3.049.294.642,57.

Sedangkan penghargaan juga diberikan kepada pembina koperasi berprestasi diantaranya  camat Bangko H.Nur Hidayat.SH, Penghulu Bangko Sempurna kecamatan Bangko Pusako Sariyem,SPdi, Penghulu Rokan Baru kecamatan Pekaitan Marno, Penghulu Bagan Bhakti kecamatan Bagan Sinembah A.Esron Manalu, Penghulu Karya Mukti kecamatan Rimba Melintang Nursalim, dan penghulu Simpang Kanan kecamatan Simpang Kanan Samiah. (andi krc) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar