Senin, 24 September 2012

Nasrudin Hasan dukung PKS didirikan Pemerintah daerah dan dikelola pihak ketiga



BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Ketua DPRD Rokan Hilir (Rohil) Nasrudin Hasan sangat mendukung usulan anggota DPRD Rokan Hilir agar pemerintah Rokan Hilir mendirikan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PKS). Hal ini untuk mempersingkat rentan jarak penjualan Tandan Buah Sawit (TBS). Demikian diungkap Nasrudin Hasan ketika ditemui KABARROHIL di jalan Utama Bagansiapiapi, Senin (24/9).

Hal ini merupakan salah satu cara pemerintah terhadap rakyat didalam mempersingkat jarak para pemilik kebun sawit dengan pembeli TBS. Dia menegaskan potensi lahan kebun sawit di empat kecamatan yakni di kecamatan Sinaboi, di kecamatan Bangko, di kecamatan Batu Hampar dan di kecamatan Rimba Melintang yang ada sangat luas sehingga seimbang dengan didirikannya PKS di setiap empat kecamatan tersebut.

Dia mengatakan jikalau pemerintah daerah mendirikan PKS diharapkan dapat membantu rakyat dengan memberikan subsidi kepada pemilik TBS. Disebutnya cara pemerintah memberikan subsidi yakni PKS pemerintah tersebut membeli TBS lebih dari harga biasa. Dia mencontohkan apabila PKS swasta membeli TBS sekilo Rp 500,- maka PKS yang didirikan pemerintah dapat membeli TBS sekilo Rp 600,- dengan demikian pemerintah telah memberikan subsidi kepada rakyat perkilo sebesar Rp 100,-.

“Namun diharapkan PKS tersebut didirikan oleh pemerintah daerah namun dikelola oleh pihak ketiga yang lebih pengalaman dan professional,”tandasnya. (andi krc) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar