Rabu, 26 Agustus 2009

Bupati Bertekad Menekan Angka Kemiskinan Di Rohil


>>Rumah layak huni bagi masyarakat miskin
>>Membangun Sarana Infrastruktur


BAGANSIAPIAPI,(KABARROHIL)- Orang nomor satu di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berkomitmen dimasa pemerintahannya akan menurunkan persentase kemiskinan di wilayahnya.

Demikian dikatakannya beberapa waktu lalu dalam suatu pertemuan dengan wakapolda riau di ruang pertemuan lantai IV kantor Bupati Rohil jalan Merdeka Bagansiapiapi. Bupati H.Annas Maamun mengatakan bahwa saat ini sudah sekitar 18% taraf kemiskinan di Rohil dari 22% sebelumnya. Ia menegaskan 18% tersebut diupayakan untuk menurunkannya lagi.

Ia mengatakan tiga kecamatan yang dikategorikan banyak masyarakatnya yang miskin yakni di kecamatan Sinaboi, kecamatan pasir limau kapas (Palika) dan kecamatan rantau kopar (Ranko). Bupati juga mengatakan bahwa untuk mengentaskan kemiskinan tersebut pemdakab membangun rumah layak huni bagi masyarakat yang dikategorikan benar-benar miskin. Alokasi dana tersebut satu unitnya mencapai sebesar 80 juta. Rumah tersebut semi permanen dengan ditambah dapur dan kamar mandi.

Ia mengatakan bahwa banyaknya masyarakat pesisir dikategorikan masih bertaraf miskin karena kurangnya sarana transportasi dan sarana infrastuktur jalan dan jembatan didaerah tersebut. Ia juga menegaskan bahwa pembangunan jembatan pedamaran I dan jembatan pedamaran II akan menghubungkan daerah terisolir tersebut sehingga masyarakatnya dapat terjangkau oleh pemerintah daerah.

Orang nomor satu di rohil ini juga menyayangkan kepada pihak departemen kehutanan yang tidak memperbolehkan untuk membangun sarana jalan Sinaboi ke Dumai yang adalah menghubungkan masyarakat terisolir didaerah sinaboi.

"Masak kita membangun jalan didaerah sendiri tidak diperbolehkan,"ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kota Dumai sebagai kota ekonomi khusus jika dihubungkan dengan sinaboi maka menurutnya masyarakat sinaboi akan menjadi meningkat taraf kehidupannya.

Masih menurut orang nomor satu ini bahwa jika jalan sinaboi ke dumai tersebut dapat terealisasikan maka taraf kemiskinan masyarakat daerah rohil bisa ditekan sehingga masyarakat daerah tersebut taraf kehidupannya meningkat.

"Dengan demikian persentase kemiskinan di Rohil dapat menurun lagi,"tandasnya. (andi WRC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar