Rabu, 26 Agustus 2009

Kunjungan DPRD Rohil ke Lombok Barat

>>Lihat hasil Panen Bibit Padi Hasil Kawin IR 5 dengan Padi Lokal

BAGANSIAPIAPI,(KABARROHIL)-Dalam kunjungannya ke daerah mataram atau Lombok Barat anggota dewan Kabupaten Rohil, Azwar ,SH,MH mengatakan bahwa di lombok tersebut telah memperkenalkan jenis bibit padi hasil ekperimen perkawinan silang jenis padi IR 5 dari negara Piliphina dengan jenis padi lokal.

Ia mengatakan bahwa bibit padi hasil perkawinan tersebut bisa panen selama 3 bulan dan dapat menghasilkan padi yang persawahannya seluas 1 ha mencapai sebesar 12 ton.

Namun Azwar , sekretaris komisi A DPRD Kabupaten Rokan Hilir tersebut masih meragukan bibit jenis padi perkawinan tersebut bisa ditanam di daerah Rohil yang kadar asam tanahnya sangat berbeda.

"Daerah Rohil tanahnya bergambut daerah rawa apa bisa ditanam jenis padi tersebut,"katanya.

"Sekarang kita melihat lokasi antara Rohil dengan Lombok barat atau mataram tersebut yang berbeda. Apakah mungkin bisa diterapkan di Rohil,"ujarnya azwar menambahkannya.

Azwar juga mengatakan bahwa mereka di Lombok barat tersebut baru menguji cobanya dan sudah dua kali panen menghasilkan sebesar 12 ton tersebut.

"Mereka baru uji coba satu dua kali panen,"katanya.

Ia mengatakannya juga bahwa bibit padi hasil perkawinan tersebut seharga 70 ribu rupiah sekilo yang bisa ditanam 4 kilo bibit seluas sehektar.

"Harga bibitnya 70 ribu perkilo dimana 4 kilo perhektar,"katanya.

Tambahnya menjelaskan, sedangkan padi biasa seharga 5 ribu perkilo namun menanamnya sekitar 40 kg bibit per hektar.

Atas kunjungan ke Lombok Barat tersebut Ia mengatakan bahwa dirinya telah membeli bibit tersebut sekitar 1 kg untuk diuji cobakan didaerah Rokan Hilir.

"Sementara untuk diuji coba dahulu,"tandasnya. (Andi WRC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar