Minggu, 18 Desember 2011

Suyatno : Jauhi dan Katakan Tidak Pada Narkoba. Belajar Yes, narkoba no !!!


BAGANBATU,KABARROHIL-Seminar dan talk show "sex bebas dan narkoba dikalangan remaja dari sudut pandang kesehatan dan agama digelar oleh akademi kebidanan UMI jalan jenderal sudirman no 642/99  baganbatu Rohil., sabtu (17/12). Dalam seminar tersebut dihadiri sekaligus dibuka oleh wabup H.Suyatno. Hadir juga saat itu sekretaris KPA Rohil dr Tribuana Tunggal Dewi, kepala perberdayaan perempuan provinsi riau Hj Rosmawati, kapolsek baganbatu dan siswa sma se kecamatan bagan sinembah serta siswa akademi UMI Baganbatu.

Pada kesempatan ini, ketua panitia Tarmizi Nasution mengatakan dirinya mewakili ketua yayasan  H.Mahmud Nasution. Dikatakan dalam sambutannya bahwa angka aborsi di Indonesia kurang lebih 3 juta pertahun oleh sebab sex bebas yang mengakibatkan banyak terindikasi penyakit aids/hiv. Dia menegaskan kegiatan ini dapat menambah wawasan luas kepada peserta yang dapat menyampaikannya kepada teman-teman.  Diharapkan juga para peserta seminar dapat menjadi bangsa yang berakhlag mulia dan berbudi pekerti yang luhur.

“Jadilah bangsa yang berakhlaq mulia dan berbudi pekerti luhur,”ujarnya.

Sedangkan wabup H.Suyatno mengatakan dalam sambutan membuka seminar ini bahwa mesinpun diterpa hujan rintik namun antusias para siswa tidak memudarkan untuk mengikuti seminar ini. Diungkap oleh wabup bahwa di provinsi Riau kasus aids/HIV di Rohil merupakan rangking keempat terbanyak kasus. Disebutnya kasus aids/Hiv dan Narkoba di kecamatan Bagan sinembah merupakan nomor satu kasus aids/Hiv dan narkoba di Kabupaten  Rohil. Dijelaskannya dari 58 kasus aids/Hiv di Rohil 38 kasus diantaranya merupakan kasus hiv/aids dari kecamatan Bagansinembah.

"Hal ini jika kita biarkan sangat membahayakan bagi daerah kita sendiri,"ujar wabup.

Dikatakan wabup H.Suyatno, siapa lagi yang menjaga daerah kalau bukan kita sendiri. Begitu juga, disebut orang nomor dua di pemerintahan Rohil ini masalah narkoba di Bagan sinembah. Wabup menjelaskan dirinya baru saja memberikan penyuluhan dan pembinaan di “wallet” baganbatu.

"Tadi saya menuju kunjungan saudara kita di lokasi “wallet” perbatasan. Walet masih dari pantauan KPA Rohil agar tidak terjangkit penyebaran virus aids/Hiv maupun Narkoba. Mereka di kunjungi petugas kesehatan sebulan sekali.  Namun hal yang kita khawatirkan di sepanjang jalan lintas timur yang masih berkeliaran. Hal ini yang tidak dapat terjangkau oleh pantauan KPA Rohil dan BNK Rohil. Oleh sebab itu diharapkan masyarakat dapat memberikan informasi kepada kita,”tutur H.Suyatno yang juga ketua KPA dan BNK Rohil ini.

Sedangkan kepada peserta seminar merupakan generasi penerus bangsa, diharap wabup Suyatno dapat belajar dengan baus, baik dan berlomba untuk mencapai nilai tertinggi. Karena disebut wabup orang tua sangat mengharapkan sukses anaknya dalam meraih cita-cita.

"Belajar adalah prioritas pertama. Saya minta para peserta giat belajar. Karena anda adalah harapan orang tua. Karena orangtua ingin mensukseskan anaknya dalam mengembangkan ilmu apalagi di akademi ini yang selalu membantu masyarakat,"katanya.

Wabup mengatakan bahwa dirinya sudah lama tidak ke Baganbatu. Diakui wabup perkembangan Baganbatu cukup pesat. Hal ini disebut wabup jelas karena perkembangan ekonomi masyarakat Bagan batu.  Dalam kesempatan ini wabup mengharapkan masyarakat selalu kompak menjaga kesatuan, persatuan dan kebersamaan diantara masyarakat dengan  pemkab Rohil didalam menjalankan roda pembangunan daerah Rokan Hilir.

Diharapkan kepada anak  remaja jangan terlibat di dalam pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkoba. Karena disebut wabup seperti diketahui sendiri bahwa di Kecamatan Bagan Sinembah ini merupakan kasus terbanyak pada kasus HIV/AIDS dan Narkoba di wilayah Rohil.

"Mari kita perangi penyalahgunaan narkoba. Belajar yes narkoba no. Hari ini juga jika siswa tahu cukong dan bandar narkoba saya akan beri uang lima juta rupiah. Coba informasikan kesaya,"tantang wabup H.Suyatno kepada siswa.

Sementara itu salah seorang siswa M.ibrahim Rahman pada kesempatan seminar ini mengharapkan agar wabup H.Suyatno memajukan pendidikan di Rohil salah-satunya mengharapkan uang sekolah gratis.

“Kami harap wabup H.Suyatno dapat memajukan pendidikan di Rohil salah satunya kami inginkan beaya sekolah gratis,”pungkasnya.

Dalam hal ini wabup H.Suyatno mengatakan akan menyampaikan hal ini kepada Bupati kabupaten Rokan Hilir H.Annas Maamun agar bersama-sama anggota DPRD Rohil merumuskan  hal tersebut. Dalam kesempatan itu juga wabup dinobatkan untuk menyumbangkan sebuah lagu untuk kaula remaja. Orang nomor dua di Rohil ini pun mendendangkan lagu kelompok Naff.

“Jauhi dan katakan tidak pada narkoba. Belajar Yes, Narkoba no,”pungkasnya diakhir lagu. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar