Minggu, 18 Desember 2011

Wabup Suyatno Tinjau “Walet” Baganbatu


BAGANBATU,KABARROHIL-Wakil bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) langsung terjun kelapangan dalam mensosialisasikan penanggulangan Aids/HIV dan narkoba. Hal ini dilaksanakan dalam peninjauan sekaligus temu wicara dan penyuluhan terhadap penghuni lokalisasi di jalan Lintas Timur berdekatan perbatasan Rokan Hilir dengan provinsi Sumatera Utara. Dalam acara tersebut wabup juga membagikan sejumlah alat kontasepsi laki-laki agar tidak terjadi hubungan langsung dalam melakukan hubungan sex. Hal ini agar menjaga tidak tersebarnya virus HIV/AIDS melalui hubungan sex.  Penyuluhan berikut sosialisasi penanggulangan aids/HIV dan Narkoba di gelar di salah satu rumah mucikari “Walet” jalan Jenderal Sudirman baganbatu, Sabtu (17/12).

Dalam kesempatan itu orang nomor dua di Rohil  menegaskan sangat merasa prihatin dan peduli terhadap keberadaan masyarakat dikomplek walet ini. Oleh sebab itu dikatakannya KPA Rohil dan BNK Rohil sudah melakukan pembinaan kontinyu terhadap para pelaku sex (PSK,red). Diharapkannya dengan selalu memberikan pembinaan, penyuluhan dan sosialisasi di komplek ini dapat membangkitkan motivasi mencari kehidupan dan mata pencaharian di bidang lain. Wabup juga menegaskan agar saudara penghuni “wallet” selalu menjaga diri dalam pengertian jika melakukan hubungan seksual selalu   memakai alat kontrasepsi (kondom,red).

"Jika komplek ini digusur saya rasa sangat berat dipandang dari segi efek kedepan karena jika mereka di gusur dan  berkeliaran di luar malah tidak dapat terkontrol oleh kita. Untuk itu diharapkan menjaga kesehatan diri mereka sendiri saja. Selain itu kita juga menggunakan pamlet, brosur bahkan spanduk penanggulangan aids/Hiv dan narkoba dilokasi untuk mengingatkan mereka,"kata H.Suyatno.

Ditegaskan wabup dilokasi  saat melihatt kondisi saudara “wallet” bahwa diperbolehkan untuk buka pada malam hari hingga jam 20.00 wib saja. Tempat lokalisasi “wallet” ini dilakukan pembinaan dan penyuluhan.

“Kepada saudara Aria yang mengatakan bahwa orang tua sudah mengetahui dirinya disini saya sarankan masih banyak jalan menuju roma bukan karena nasi sudah menjadi bubur,”lugas Suyatno.


Wabup menekankan agar melakukan hubungan sejenis dihindari sedangkan jika melakukan hubungan dengan lawan jenis agar memakai alat kontrasepsi “kondom”.

 "Kita takut diantara saudara nantinya ada yang terjangkit penyakit aids atau hiv. Oleh sebab itu usahakan untuk di prioritas menjaga kesehatan dan diri terhadap penyakit yang tidak ada obatnya itu. Sebulan sekali kita datang kesini untuk melakukan pembinaan kesehatan dan medis,”pungkas Suyatno.

Sedangkan Pengabean ketua keamanan lokalisasi  “wallet” itu ketika ditemui KABARROHIL menegaskan bahwa penghuni di lokalisasi “wallet” saat ini hanya sebanyak 40 orang pada 10 rumah sedangkan rumah yang ada di lokalisasi ini sebanyak 15 rumah.

“Penghuni disini sekitar 40 orang pada sepuluh rumah, sedangkan rumah disini ada 15 rumah,”tandasnya. (andi krc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar