Rabu, 19 Agustus 2009

Pemdakab Rohil Beri Penghargaan Pada 26 Atlet dan 16 Kategori Teladan

Pemdakab Rohil Beri Penghargaan Pada 26 Atlet dan 16 Kategori Teladan.
>>Acara Ramah-Tamah Dengan Para Veteran, Perintis Kemerdekaan, Wredatama dan Warakuri.

BAGANSIAPIAPI,(KABARROHIL-Tepat waktu menunjukkan jam 09.50 wib rombongan bupati dan wabup tiba di gedung serba guna jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi, Sabtu (15/8) kemaren. Rombongan itu menghadiri acara ramah tamah dengan para veteran, perintis kemerdekaan, wredatama dan warakuri. Banyak yang menghadiri acara tersebut. Sekira ratusan orang sehingga gedung serbaguna padat sekali.

Hadirin berdiri tegap saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai pembuka acara setelah sebelumnya tarian persembahan dilaksanakan oleh pemuda dan pemudi Bagansiapiapi.

H.Burhanuddin ketua LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) mengatakan bahwa bendera merah putih itu betul-betul diperjuangkan oleh bangsa kita. Ia juga mengatakan bahwa veteran yang terdata berjumlah 126 orang sekarang yang hidup hanya sebanyak 16 orang.

"Telah meninggal 110 orang dan kini hanya tinggal sekitar 16 orang. Untuk itu tolonglah perhatikan kami sekarang ini karena lama kelamaan kami ini akan habis dimakan usia,"ujarnya kepada hadirin disaat menyampaikan sambutan.

"Secara fisik kami memang sudah tidak berdaya namun secara fungsinya adalah upaya perjuangannya,"jelasnya.

Ia mengingatkan kepada generasi penerus agar jangan sekali-kali melupakan sejarah. Karena perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dilalui dengan pengorbanan darah.

"Jangan sekali-kali lupakan sejarah karena perjuangan kita hingga merdeka adalah merupakan suatu sejarah," ujarnya.

Kemudian itu H. Burhanuddin ingin agar masyarakat kabupaten Rokan Hilir ikut membantu bahkan mendukung segala upaya pembangunan yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Rokan Hilil, H.Annas Maamun.

"Marilah kita bersama-sama mendukung apa yang dilakukan oleh H. Annas Maamun,"ucapnya.

Diakhir sambutannya H.Burhanuddin melantunkan sebuah puisi dengan berpakaian seorang veteran dan suaranya yang terbata-bata karena usianya yang sudah lanjut itu.

"Kami adalah tulang-tulang berserakan, .....................................Kenangkan-kenangkan dan teruskan-teruskan,"kata Burhanuddin.

Sementara itu Orang nomor satu di Rohil mengatakan dalam sambutannya bahwa Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah diberi oleh Belanda dan Jepang namun Kemerdekaan RI adalah berkat perjuangan bangsa kita untuk merebut kemerdekaan itu dengan taruhan nyawa. Juga mengatakan bahwa dalam pengorbanan itu ada yang kehilangan suaminya, kehilangan isteri dan anak-anaknya dan lain sebagainya. Sedangkan di Kabupaten Rokan Hilir, lanjutnya mengatakan dari seratus dua puluh enam orang veteran yang terdata kini hanya tinggal 16 orang para pejuang yang masih hidup.

"Dikabupaten Rokan Hilir masih ada 16 orang anggota veteran yang patut kita banggakan,"ujarnya Bupati H.Annas Maamun.

Selanjutnya Ia mengatakan Juga bahwa pada saat acara ramah tamah, ditengah-tengah acara tersebut juga hadir pelbagai teladan yang telah mengisi kemerdekaan RI di Kabupaten Rohil. Ia juga mengatakan bahwa semangat kemerdekaan untuk mengisi kemerdekaan merupakan cita-cita founding father yang harus terus berjalan dengan membangun daerah Rokan Hilir.

"Cita-cita masyarakat kabupaten Rohil tetap berjalan terus,"tuturnya.

Orang nomor satu di Rohil mengemukakan bahwa untuk membangun daerah sendiri perlu adanya semangat keikhlasan untuk melanjutkan kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan itu.

"Kita harus ikhlas untuk melanjutkan kemerdekaan Republik Indonesia ini,"katanya.

Juga Ia mengingatkan bahwa pada saat negara RI yang telah merdeka jangan lagi mudah terpengaruh oleh hasutan adu domba seperti saat dahulu dimana bangsa diadu domba oleh Belanda.

"Dengan politik adu domba oleh Belanda maka kita terjadi perang saudara akhirnya tentara Belanda dengan mudah dapat merebut tanah putih,"kenangnya Annas saat jaman dahulu kita dihasut agar perang saudara.

Menurut Ia patut dipuji semangat orang tempo dulu yang tidak pernah menyerah dan hal itu menurut orang nomor satu di Rohil ini sepantasnyalah semangat juang itu ditiru.

"Bagaimana perjuangan kita yang tidak pernah menyerah yang patut kita teladani,"terangnya.

Dimasa pembangunan daerah Rohil, Bupati mengajak kepada generasi penerus agar berjuang untuk mengentaskan kemiskinan dengan bersatu menggalakkan persatuan dan kesatuan.

"Kepada generasi penerus mari kita bangun masyarakat kita yang masih dalam taraf kemiskinan ini. Kalau kita mempunyai tekad yang sama seperti para veteran ini maka kabupaten Rohil akan bagus. Mari kita galakkan persatuan dan kesatuan untuk pembangunan kabupaten Rohil,"ujarnya.

"Apa kita biarkan masyarakat kita begini ini ?!!,"katanya setelah menceritakan bahwa di daerah Penipahan pendapatan hanya 20 ribu rupiah sehari dengan mengupas udang di bangliau-bangliau untuk menghidupi keluarganya.

Kemudian itu, tidak lupa juga orang nomor satu di Rohil ini mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang tanahnya terkena pelebaran jalan namun tidak meminta ganti rugi.

"Terima kasih kepada masyarakat kabupaten Rokan Hilir yang telah merelakan tanahnya diperuntukkan pelebaran jalan tanpa ganti rugi kecuali bila terkena rumahnya,"ujarnya bupati Annas.

Selanjutnya Ia ingin semangat juang veteran tetap ada pada generasi penerus. Ia juga mengatakan akan memberi bantuan kepada 16 orang veteran yang masih hidup tersebut.

"Kami akan senantiasa membantu. Tahun ini kami bantu dana perbulannya sebesar 600 ribu kepada 16 orang veteran,"tandasnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada beberapa orang yang berprestasi dan teladan dari pemdakab Rohil sebagai motivasi kepada yang lainnya untuk meraih prestasi.

26 Atlet (yang berprestasi di PORDA IV Riau di bengkalis) yang memperoleh mendali tersebut lanjutnya mendapat piagam adalah lima orang atlet atletik, yakni Halimah (putri/pi), Rudi Kartono (putra/pa), Endrianto (pa) dan Bistok (pa) sebagai pelatih. Kemudian tiga orang atlet karate dan satu orang pelatih serta dua orang asisten pelatih, yakni Hardianto (pa), Citra Dewi (pi), Hengky Marbun (pa), dan pelatih Erwin Santosa (pa), serta asisten pelatih Popy Rahmad (pa), dan Try Suci (pi).

Sembilan orang atlit catur ditambah satu orang pelatih, yakni Asrul Hidayat (pa), Josafat RS (pa), Adrian P (pa), Mangatur (pa), Anggi Miftahuddin (pa), Wita Rahayu (pi), Merry R Saragih (pi), Erfika (pi), Renti P (pi), dan pelatih Raffel (pa).

Sedangkan dibidang tennis lapangan sebanyak empat orang atlit dan satu orang pelatih, yakni Khoiriah (pi), Vera Dian Nita (pi), Linda Selvina (pi) dan Febri Wulandari (pi) serta seorang pelatih Hayuliardi (pa).

Juga diberikan penghargaan kepada 16 orang kategori teladan antara lain penghulu Balai Jaya, Wan Mochtar Noor kategori penghulu teladan. dr Haryana Tsai (puskesmas Kec.Bangko) sebagai dokter teladan. Perawat teladannya Edo Rendra (pustu Bagan Punak). Kemudian Kesling (kesehatan keliling) teladan diperoleh oleh Ismadi (puskesmas Kec Bangko Pusako).

Selanjutnya Mujana,SP (BPP Rimba Melintang) sebagai PPL Teladan. Alkahfie Sutikno,SE (Guru MA Yahusda Rimba melintang) sebagai guru SLTA teladan, Kiki Ardian,S.Pd (Guru SMPN 1 Bagan sinembah) sebagai guru SLTP teladan sedangkan Sri Mulyani,Spd (Guru SDN 022 Bagan Barat) sebagai guru SD teladan.

Sementara itu Buyung Isa (penarik becak) dinobatkan sebagai tukang becak teladan. Hakim Gunawan (Dinas Pasar) dinobatkan sebagai petugas kebersihan teladan. Wahyu Kurniawan (Siswa SMAN 1 Bangko) dinobatkan sebagai Siswa SMA teladan. Rio Saputra (Siswa SMKN 1 Bangko) dinobatkan juga sebagai siswa SMK teladan. Antok Sutomo (Siswa MA Al-Ikhlas) dinobatkan sebagai Siswa MA teladan, Maharani Desi (Siswi MTsn Ujung Tanjung) dinobatkan sebagai siswi MTs teladan dan Umu Luthpiah (Siswi SDN 006 Bagan barat) juga dinobatkan sebagai siswi SD teladan. (Andi WRC)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar