Rabu, 19 Agustus 2009

Pesta Merdeka di Bintang Bulan

>>Lomba Ibu dan Nenek Ngedot Susu

BAGANSIAPIAPI,(KABARROHIL)-Tepat jam 15.45 wib Wabup Rohil ,H,Suyatno datang menghadiri pembukaan lomba panjat pinang di jalan bulan dan bintang hulu Bagansiapiapi, Selasa (18/8) kemaren. Wabup didampingi oleh Azhar Asisten IV Pemdakab Rohil dan Syafruddin Amd kepala dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Rokan Hilir. Acara itu juga mengadakan lomba Ngedot susu bagi ibu_ibu dan nenek-nenek.

“Lomba ngedot bagi ibu_ibu dan nenek-nenek untuk menghabiskan susu setengah botol ini atas idenya Bupati kabupaten Rokan Hilir, H.Annas Maamun,”ujarnya Syafruddin disela acara tersebut.

Sementara itu Wabup mengatakan lomba ini adalah beberapa rangkaian perlombaan yang diadakan untuk memperingati HUT RI yang ke-64 di Kabupaten Rohil.

”Nampaknya rakyat jalan bintang dan jalan bulan ini sangat antusias sekali untuk mengikutinya,”katanya Wabup.

Ia mengatakan bahwa sejogjanya Bupati hadir dalam hal ini namun karena besok (rabu 19/8,red) ada kunjungan wakapolda ke Bagansiapiapi maka beliau tidak dapat hadir pada saat ini.

”Kepada masyarakat Rohil, Khususnya masyarakat bulan bintang diharapkan pelaksanaan lomba agar menjadi sukses lancar dan aman,”ujarnya Suyatno.

Wabup mengatakan juga dalam pesta rakyat ini juga akan digelar ngedot seperti bayi untuk ibu-ibu dan nenek-nenek.

”Dengan ucapan bismillahhirohmannirohim pesta rakyat HUT RI ini dibuka,”ujarnya wabup.

Kemudian pekik merdeka dikumandangkan oleh wabup Rohil ini sebagai rasa semangat nasionalisme dan kebangsaan.

“Merdekaa!!!, merdeka.....!! merdeka,”katanya dengan dijawab merdeka juga oleh masyarakat.

Panitia pelaksana mengatakan bahwa peserta ngedot susu ini khusus ibu-ibu dan nenek-nenek diamana yang terdaftar 21 orang sedangkan yang hadir sebanyak 17 orang saja. Sementara waktu ditentukan 5 menit. Dalam hal ini yang dahuluan habis dan dinyatakan pemenang pertama adalah ibu Nuraini selama 3 menit, pemenang kedua ibu misah dan pemenang ketiga ibu masniah.

”Susu nya terasa pahit, lebih pahit lagi dari jadam,”ujarnya ibu Nuraini yang biasa dipanggil bu Aini kepada KABARROHIL.

Acara ini juga di laksanakan panjat pinang sebanyak empat batang untuk masyarakat jalan bintang dan jalan Bulan. Pohon pinang ini di letakkan dipiggir sungai pabrik.

Setelah menghadiri acara tersebut kemudian wabup meuncur ke jalan madrasah guna membuka acara pesta merdeka rakyat di jalan madrasah Bagansiapiapi. (Andi WRC).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar