Senin, 04 Oktober 2010

Disperindag gelar Pelatihan tingkatkan keterampilan IRT

BAGANSIAPIAPI,KABARROHIL-Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Rokan Hilir gelar pelatihan menjahit (tailor) bagi 7 (tujuh) orang ibu rumah tangga (IRT) dikota Bagansiapiapi. Pelatihan tersebut dipusatkan di rumah Naniek warga jalan satria tangko kelurahan Bagan Timur Bagansiapiapi, Rabu (29/9). Pelatihan untuk meningkatkan keterampilan IRT dalam mengembangkan dunia usaha dan bermanfaat bagi masyarakat tersebut bakal dilaksanakan selama 6 bulan dengan bimbingan oleh tenaga ahli dibidangnya.

Demikian dikatakan kepala dinas Disperindag Rohil Hasrial melalui sekretarisnya Joko Sulistio ketika ditemui KABARROHIL disaat membuka pelatihan tailor tersebut.

Ia mengatakan jumlah tailor yang berada di kota Bagansiapiapi saat ini belum memadai bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat .Apalagi ketika datangnya hari besar seperti lebaran. Hal ini karena terbatasnya sumberdaya manusia. Oleh sebab itu pelatihan tailor ini dianggap penting.

Lanjutnya Joko mengatakan dengan dilaksanakan pelatihan ini semoga para peserta pelatihan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat. Tetapi dikatakannya hal tersebut tidak bisa dipenuhi jika tanpa adanya pengembangan usaha baru.

"Harapan dari pelatihan ini semoga para peserta mendapatkan ilmu dan dapat mengembangkannya dengan mengajarkan ilmu tersebut kemasyarakat lainnya serta dapat membuka usaha sendiri dalam arti pelatihan ini tidak hanya sampai disini saja,"kata Joko.

Dikatakan Sekretaris disperindag ini bahwa pihak disperindag hanya sebatas menfasilitasi saja agar IRT memiliki keterampilan dan dapat meningkatkan ekonomi mereka. Sehingga dapat membuka lapangan kerja baru bagi IRT lainnya.

"Semoga dengan ilmu dibidang pembuatan pakaian ini para Ibu rumah tangga dapat membuka dunia usaha baik secara mandiri maupun berkelompok dan semoga saja dapat berkembang dengan pesat,"harap Joko. (andi wrc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar