Minggu, 17 Maret 2013

Budidaya Ikan dan kepiting di Sungai jermal memerlukan bapak asuh



Kubu,KABARROHIL-Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir, Amat Yasin menghimbau kepada warganya agar ikut membudidaya kepiting, ikan dan Kerang di Sungai jermal. Penegsan ini disampaikannya ketika ditemui KABARROHIL,Senin (11/3/2013).

“Sekarang sudah jadi kolam percontohan disana yang dibikin masyarakat yang empunya modal sendiri,”kata Amat Yasin.

Disebutnya kolam ikan di sungai jermal tersebut sudah memasuki waktu enam bulan sehingga diperkirakan dalam waktu dekat memasuki masa panen. Dia menyebut direncanakan dalam panen tersebut mengundang pihak Dinas Kelautan dan perikanan Rokan Hilir yang sekaligus meninjau lokasi tambak kepiting, ikan yang ada di Sungai jermal tersebut.

“Diharapkan Dinas Perikanan dan kelautan dapat meninjau budidaya ikan dan kepiting di sengai jermal ini,”katanya.

Dikatakannya, untuk membina peternakan budidaya ikan dan kepiting ini tentunya memerlukan pihak yang berpengetahuan di bidang tersebut. Hal ini agar dapat meningkatkan omset hasil panen ikan maupun kepiting yang di budidayakan. Karena dengan bimbingan yang bagus maka para petani budidaya dapat meningkatkan perekonomiannya.

Namun dia mengatakan budidaya ikan dan kepiting di sungai jermal tersebut juga membuat resah warga yang membudidaya ikan. Hal tersebut karena banyaknya peracun udang yang menangkap udang di sungai jermal tersebut. Akhirnya, lanjutnya mengatakan banyak anak udang yang mati di sekitar laut kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, khususnya di Sungai jermal.

“Bila terdapat pelaku yang melakukan merusak air sungai pantai ini dimohon agar ditindak dan diberi arahan sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi,”ujarnya.

Kemudian itu, dia juga mengharapkan bantuan pemerintah agar warga masyarakatnya yang membudidaya ikan dan kepiting ini dapat dilanjutkan dengan membuat program kegiatan budidaya di sungai jermal agar dapat meningkatkan taraf kehidupan para nelayan terutama budidaya ikan dan kepiting ini. Oleh sebab itu peninjauan dari pihak terkait terhadap kolam budidaya ikan di sungai Jermal ini dapat membuat solusi pengembangannya.

“Pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang selama ini dilakukan warga diharapkan mendapat bantuan dari pemerintah. Oleh sebab itu diharapkan pihak terkait dapat melakukan kunjungan ke lokasi,”tandasnya. (AH)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar